Entri Populer

Di Jepang, Karyawan Bisa 'Cuti Patah Hati'

2008/10/20
Wajar bila ada pegawai kantor yang mengambil cuti karena melahirkan, sakit, atau sekadar ingin berlibur. Namun, bagaimana dengan pegawai yang baru putus cinta? Yang bersangkutan ternyata juga berhak mengambil cuti khusus. Fasilitas itulah yang diterapkan suatu perusahaan marketing di Jepang, Hime & Company. Perusahaan yang berbasis di Tokyo tersebut tak segan memberi libur bagi karyawan yang diketahui sedang “patah hati” gara-gara cintanya tak lagi diterima oleh kekasihnya. Dengan cuti tersebut, pegawai yang bersangkutan bisa punya waktu cukup untuk melampiaskan kesedihan dan bisa kembali kerja dengan hati yang lapang dan suasana yang segar. Jadi, tidak ada alasan untuk kerja “setengah-setengah” karena masih patah hati. “Karyawan yang patah hati perlu waktu untuk memulihkan diri, seperti juga orang yang sedang sakit,” kata Miki Hiradate, bos Hime & Company, perusahaan yang memasarkan produk-produk kosmetik khusus perempuan. Cuti khusus patah hati ternyata ada aturannya dan yang berhak mengambil tentu saja yang berstatus tidak menikah. Pegawai yang berusia 24 tahun ke bawah hanya berhak mengambil cuti satu hari dalam setahun. Sedangkan yang berusia antara 25 dan 29 tahun berhak cuti dua hari dalam setahun. Bahkan yang berusia di atas 29 tahun bisa cuti selama tiga hari dalam setahun untuk memulihkan diri dari sakit cinta. Hiradate punya alasan kuat mengapa cuti tersebut diberlakukan beragam, tergantung usia pegawai. “Perempuan yang masih berusia 20-an tahun lebih gampang menemukan pasangan baru. Namun tidak demikian halnya dengan mereka yang sudah berusia 30-an tahun. Kalau putus cinta akibatnya cenderung lebih serius,” kata Hiradate. Cuti Belanja Selain cuti “patah hati”, perusahaan tersebut juga memberlakukan dispensasi selama dua hari dalam setahun di masa “diskon belanja”. Artinya, selama masa tersebut, pegawai boleh datang ke kantor kesiangan untuk berbelanja barang-barang murah di pagi hari. Kendati boleh belanja, tapi nggak boleh bawa belanjaan ke kantor. “Harus disimpan dulu di loker di stasiun kereta, misalnya,” kata Hiradate. “Namun di waktu normal, tidak perlu sungkan membawa belanjaan ke kantor karena kita bisa melakukan bagian yang paling disukai setelah berbelanja, yaitu membicarakan harga barang,” lanjut Hiradate. Sumber: sinarharapan.com

9 comments:

  1. Lyla said...:

    wah enak dong kalo patah hati boleh cuti... heheh patah hati aja terus biar sering dpt cuti hehe

  1. wadohhhh..aneh nie..hihihi..

    patah hati krn urusan pribadi bisa juga dijadiin cuti..hehehe..

    ke jepang akhhh..hehehe

  1. love-ely said...:

    Semoga di sini juga bisa cuti seperti itu.
    Salam buat Anda

  1. Anthony Harman said...:

    Hehehe,
    Kalo di sini berlaku kayak gitu. Bisa patah hati berkali2 saya, Vid.
    (just kidding...)

  1. manusia biasa said...:

    wah kalo disni ada cuti buat patah hati tuh orang ga bakal balik2 uey..... udah gantung diri

  1. Mungkin karena tingkat bunuh diri di Jepang tinggi, dan penyebab mayoritasnya adalah patah hati kali yak,hehehe..

  1. nita said...:

    hebat juga ya. kalo dlm setahun sering patah hati cutinya banyak dong....he3x

  1. BloGendeng said...:

    Mendingan dikasih cuti daripada bunuh diri hehe

  1. Anonymous said...:

    Diese süße und fröhliche Kollektion thomas sabo charm umfasst Bands in den Formen der Diademe und Kronen mit thomas sabo anhänger Steinen, Burgen, Zauberstäbe, thomas sabo charms reduziert Glas Pantoffeln und Prinzessinnen selbst! thomas sabo charms günstig Und sie kommen in einer Vielzahl von noblen thomas sabo anhänger günstig und girly Farben: rosa, weiß, lila, thomas sabo anhänger billig blau und gold. Alle Mädchen wollen in einigen thomas sabo 2010 zu investieren und dann kann es losgehen dass Handelssystem und thomas sabo reduziert Sie erhalten alle Prinzessinnen euch sein! Und für Sie gibt es die thomas sabo shop Jungs Silly Bandz-Sea Creatures-Bereich.

Post a Comment

 
Kejadian Yang Aneh © 2011 - Designed by Blogger Templates Gallery in collaboration with Life2Work